Public Article

1 minute reading time (230 words)

Jangan Langsung Tiduran Setelah Minum Obat

 Dr Ari menuturkan beberapa obat memiliki penyerapan yang berbeda, ada yang harus diserap di lambung atau usus halus. Jadi kalau habis minum obat langsung tiduran bisa membuat obat yang dikonsumsi belum turun tapi akan berbalik naik lagi ke atas yang memicu terjadinya refluks dan luka pada kerongkongan. “Gejala dari refluks yang dialami seseorang itu biasanya rasa panas di dada, mulut pahit dan rasa seperti tercekik,” ujar dokter yang juga menjabat sebagai Ketua Advokasi PB PAPDI (Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit dalam Indonesia).


Dr Ari menyarankan sebaiknya minum obat dalam posisi duduk dan jangan langsung tiduran, serta jika memungkinkan sebaiknya tunggu sampai 1 jam untuk memastikan bahwa obat yang diminum sudah masuk ke dalam lambung. Kondisi ini juga berlaku ketika setelah makan, disarankan untuk tidak langsung tidur tapi menunggu setidaknya selama 1-2 jam untuk mencegah terjadinya refluks esofagus atau esophageal reflux. Refluks adalah kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus (saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut). Selain itu biasanya juga disertai oleh asam lambung yang terbawa.
Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah karena ada makanan yang berbalik arah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit maag atau tungkak lambung. Pada saat terjadi refluks esofagus, kandungan asam akan mundur sampai ke kerongkongan dan kadang-kadang mencapai saluran pernapasan yang bisa menyebabkan inflamasi (peradangan), kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring (kotak suara). (detik.com/tiw)

Earth Hour
Fungsi Glutathione Alami dan Injeksi Bagi Tubuh
 

Alamat Rumah

Dr. H. Deddy Satriya Putra SpA(K)
Jalan Warta Sari No 4
Tangkerang Selatan
Pekanbaru, Riau, 28282
Telp. 0761 7046469
Fax. 0761 36533

Alamat Kantor

Dr. H. Deddy Satriya Putra SpA(K)
Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUD Arifin Achmad / Fakultas Kedokteran Universitas Riau
Jl. Diponegoro No 2
Pekanbaru, Riau
Telp. 0761 858647

Alamat Rumah Sakit

Dr. H. Deddy Satriya Putra SpA(K)
Spesialis Anak, Sub Bag. Saluran Cerna dan Hati, Rumah Sakit Syafira
Jl. Jend. Sudirman No. 134
Pekanbaru, Riau
Telp. 0761 35356 - 35360 - 856517
Fax. 0761 41887

Alamat Klinik

Dr. H. Deddy Satriya Putra SpA(K)
Klinik Kesehatan Saluran Cerna dan Hati Anak, Apotek Cempaka
Jl. A. Yani No 124
Pekanbaru, Riau
Telp. 0761 36603
Jadwal: Senin – Sabtu
Jam : 19.00 s/d 21.00 Wib